Jumat, 19 Mei 2017

Ulasan 2 OS171

Ulasan 2:


    Pada postingan saya kali ini, saya ingin mengulas tentang sebuah video yang berasal dari YouTube yang membahas tentang dynamic memory allocation system level berjudul "Dynamic Memory Allocation" yang dapat dilihat pada link ini. Diunggah oleh Mike Murphy pada 21 September 2011 dengan durasi 7 menit, video tersebut saya tonton pada tanggal 19 Mei 2017 dan pada saat itu sudah ditonton sebanyak 37053 kali.

    Pada video ini dijelaskan bahwa dynamic memory allocation menyelesaikan masalah pada fixed memory partitioning yaitu boros memory space dan proses yang dapat dijalankan terbatas, dengan cara mengalokasikan memory secukupnya supaya semua process bisa berjalan/berbagi memory space, tetapi dengan ini, dynamic memory allocation memiliki kekurangan, yaitu menjadi lebih kompleks. Dynamic memory allocation juga mempunyai permasalah lain, yaitu bagaimana membagi memory untuk proses-proses yang berjalan.

    Berikutnya, dijelaskan juga tentang fragmentasi memory. Fragmentasi memory ada 2 jenis yaitu eksternal dan internal. Fragmentasi eksternal terjadi saat space kosong dan memory terpecah menjadi bagian-bagian kecil, tetapi jenis fragmentasi ini sangat buruk untuk waktu yang lama. Fragmentasi internal terjadi saat memori dialokasi pada ukuran memory yang pasti.

    Algoritma alokasi memory ada 4 yaitu best fit, worst fit, first fit, dan next fit. Secara mudah, best fit mencari semua space kosong lalu memilih space yang menyisakan space kosong paling sedikit. Worst fit mencari semua space kosong lalu memilih space yang terbesar. First fit mencari space kosong pertama yang muat yang ditemukan. Next fit mirip dengan first fit, hanya saja mencari space kosong dari alokasi memori terakhir.

    Video ini sangat baik untuk ditonton karena mudah dimengerti, singkat, dan jelas. Suara penjelas pun juga sangat jelas. Slide yang digunakan juga mudah dimengerti saat dibaca.

GitHub Account : naysipux
URL Ulasan : http://os171-sja.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-os171.html
URL Video : https://youtu.be/Dml54J3Kwm4
Durasi : 7 menit
Video Uploader : Mike Murphy
Pemetaan : week05
Revisi Pertama : 19 Mei 2017
Revisi Terakhir : 19 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar